Program SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Selain itu, ada program pendampingan yang dirancang untuk membantu SMK PK dalam pencapaian output. Pelaksana pendampingan dilakukan oleh perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria.
Sejak bulan Maret 2022, tepatnya 24 Maret 2022 SMKS Cinta Rakyat Pematangsiantar ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 26/D/O/2022. Dengan demikian selama tahun 2022, telah dilaksanakan sekitar 20-an kali kegiatan Sosialisasi, Workshop, Pelatihan, Bimbingan Teknis dan Study Banding yang semuanya pesertanya adalah Guru dan Pegawai di SMKS Cinta Rakyat Pematangsiantar.
Mendapat kepercayaan sebagai SMK-PK, Sekolah bersama seluruh warga sekolah berjuang keras mempersiapkan kompetensi masing-masing agar program SMK-PK dapat dilaksanakan. Selama hampir setahun guru dan pegawai dipersiapkan untuk melaksanakan program SMK-PK ini. Dalam kurun waktu ini juga SMKS Cinta Rakyat Pematangsiantar menjalin kerja sama yang baik dengan beberapa perusahaan diantaranya PT. Inovasi Teknologi Desa di Bogor, Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Rejeki Abadi Sambosar, PT. Capella Pematangsiantar, PT. Alfa Scorpii, dll.
Kerjasama dengan industri ini adalah kerjasama yang baik dan saling menguntungkan dengan tujuan penting untuk menunjang tercapainya program sekolah. Pengembangan sekolah akan lebih optimal bila kerjasama dengan Instansi terkait Dunia Usaha/Industri yang relevan dengan kompetensi keahlian tertuang dalam MOU/kesepahaman/naskah perjanjian kerjasama.
Pelaksanaan kerjasama dengan DuniaUsaha/Industri antara lain dapat berupa:
- VALIDASI ISI yaitu berupa penyelarasan kegiatan pembelajaran yang tercakup dalam struktur kurikulum sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Tujuannya sekolah dapat menyiapkan perangkat kurikulum pada kompetensi keahlian yang dibuka untuk divalidasi industri, sekolah dapat menyerap masukan DUDIuntuk diterapkan dalam bentuk kurikulum implementatif atau kurikulum industri.
- KUNJUNGAN INDUSTRI (KI) yang dilakukan untuk memberikan wawasan mengenai dunia kerja yang akan dihadapi oleh peserta didik sebelum mengikuti programpraktik kerja industri.
- GURU TAMU yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang profil perusahaan, membantu menerapkan proses pembelajaran di sekolah agar sesuai dengan kebutuhan industri dan memberikan materi pembelajaran langsung kepada peserta didik.